4 Cara Mencari Supplier (Pemasok) Tangan Pertama

Hampir semua jenis industry bisnis selalu membutuhkan adanya supplier, entah itu bisnis manufaktur ataupun bisnis perdagangan, mungkin hanya bisnis jasa saja yang sangat minim supplier. Kalau perusahaan dagang sudah jelas sekali membutuhkan pemasok, misalkan toko, maka banyak kebutuhan yang perlu di dapatkan dari supplier. Manufaktur pun juga begitu, supplier dibutuhkan untuk menyediakan bahan baku dalam proses produksi.

Untuk perusahaan dan bisnis-bisnis yang telah besar dan memiliki nama, mencari supplier sudah bukan menjadi masalah lagi. Tanpa dicari pun, supplier sendiri yang akan menawarkan diri untuk menjadi pemasoknya. Hal ini sangat berkebalikan bila  kamu  sedang merintis usaha dan bisnis, karena tidak jarang supplier akan menolak untuk menjadi pemasok kamu . Hal tersebut berlaku bila  usaha dan bisnis kamu  dinilai kurang menjanjikan.

Tetapisetidaknya kamu  harus yakin dahulu bahwa apa yang akan kamu  kembangkan sudah cukup menjanjikan, matang, dan memiliki keberlanjutan usaha yang baik. Kemudian, dengan PD kamu  tinggal mencari supplier tangan pertama yang sesuai dengan kriteria kamu .

Kemudian  bagaimana caranya mencari pemasok tangan pertama? tidak terlalu sulit, ada beberapa cara yang dapat kamu  lakukan untuk mencari dan menemukan supplier. Coba simak beberapa cara sederhana berikut ini.

  1. Rajin Mengunjungi Pameran dan Bazar Bisnis

Pameran dan bazar merupakan ajang yang sering digunakan oleh para pebisnis dalam mempromosikan produknya, apalagi bila  mereka memiliki produk baru, rasanya haram untuk absen di ajang pameran dan bazar. Kemudian apa tujuan mereka? Jelas ingin memperkenalkan produk yang dimilikinya, kepada siapa? Tujuan mereka yang paling pokok ialah memperkenalkan produknya kepada pebisnis lainnya, dengan harapan ada suatu kerjasama diantaranya. Ini lebih sering dilakukan oleh para pebisnis startup.

Dalam ajang ini, rasanya wajib bagi kamu  untuk ikut serta, pasalnya ajang ini merupakan kesempatan emas bagi kamu  untuk membangun jaringan dan relasi, wawasan, kerjasama, dan yang menjadi tujuan pokok kamu  yaitu menemukan supplier.

  1. Datang ke Sentra Industri

Cara lain yang patut kamu  coba ialah dengan datang dan jalan-jalan di sentra industri yang jadi kebutuhan kamu . Tetapi akan jadi kurang efektif bila  kamu  datang di sentra industri bisnis yang menjadi bidang kamu . Misalkan, katakanlah bisnis kamu  ialah sepatu kulit, ketika kamu  ingin mencari bahan baku kulit, bukankah lebih tepat bila  kamu  datang di sentra industri kulit, bukannya malah ke sentra industri sepatu, ngapain? Nanya-nanya ke pengusaha sepatu lain kemungkinan untuk mendapatkan jawaban yang memuaskan juga akan kecil, karena ini persaingan, dan supplier merupakan salah satu senjata.

Dengan datang ke sentra industrinya langsung, selain dapat berkomunikasi kamu  juga bisa melihat dan menyaksikan proses produksi dari supplier yang menjadi incaran kamu . Tak perlu malu untuk datang dan mulai komunikasi dengan mereka. Sebagai contoh, saya sendiri juga pernah kok datang langsung di sentra industri, lebih tepatnya di sentra peternakan sapi karena suatu kebutuhan, padahal tidak ada yang saya kenal sama sekali, tetapi saya nekat tuh langsung ngajak komunikasi, utarakan maksud, dan akhirnya bisa terjalin komunikasi yang baik.

  1. Gabung Ke Komunitas Bisnis

Pada saat kamu  datang di sentra perindustrian tertentu, mungkin kamu  akan menemukan berbagai komunitas bisnis, Kalau kamu  benar-benar serius kamu  pun bisa gabung ke komunitas tersebut. Dengan begitu aliran informasi dapat kamu  dapatkan dengan mudah, mencari supplier pun juga akan semakin mudah baik untuk sekarang maupun yang akan datang.

  1. Perluas Informasi dan Komunikasi

Dengan melakukan cara-cara mencari supplier tangan pertama di atas, sebenarnya kamu  sudah melakukan perluasan informasi dan komunikasi. Tetapi itu baru dilakukan secara offline, nah jaman sekarang kan sudah jamannya serba online, jadi jelas kamu  perlu jaringan informasi dan komunikasi yang sifatnya online, karena dengan online kamu  bisa  menjangkau cakupan yang lebih luas dalam mencari supplier hingga pemasaran dan penjualan.

Pertama, manfaatkan situs pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing untuk mencari informasi yang kamu  butuhkan. Yang kedua ialah dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk terhubung dengan para calon supplier. Tetapiingat, online sangat rawan dengan penipuan jadi kamu  harus exstra hati-hati. Beberapa tips untuk menghindari penipuan:

  • Setidaknya ada toko real yang dimiliki si calon supplier.
  • Usahakan si calon supplier berada dalam satu daerah dengan kamu , supaya bisa di cek secara langsung.
  • Periksa identitas si calon supplier.
  • Jangan percaya testimony, gunakan hati kamu untuk mempertimbangkannya.

Nah, itulah 4 cara mencari dan mendapatkan supplier (pemasok) tangan pertama yang bisa di share kepada kamu . Semoga ulasan mengenai cara mencari supplier di atas bermanfaat dan dapat membantu kamu  menemukan pemasok yang kamu  harapkan. Thanks.